.

SELAMAT TAHUN BARU 2010 M

Friday, August 8, 2008

TAFAKUR

PERUBAHAN

(Terobosan kreatif, inovatif & efektif untuk meningkatkan kualitas hidup)

Didalam komunitas, kita telah diajarkan untuk mempelajari aturan2 yang standar, kemudian menggunakannya & diharuskan menghormatinya. Kita terus saja mengikuti aturan2 standar tersebut yang sudah (mungkin) ratusan tahun usianya tanpa menyadari bahwa alasan dibuatnya aturan tersebutpun telah hilang.

Kita semua memiliki aturan pola2 berpikir yang sudah tertanam keliru & kita anggap sebagai kebenaran. Aturan2 tersebut terbentuk secara alami lalu menjadi aturan yang mapan, sehingga sering kali membuat semua ide2 yang bila bertentangan dengan aturan tersebut, kemudian diabaikan ide2nya. Oleh sebab itu, bila kita tidak mampu memecahkan suatu masalah, kemungkinan karena kita terperangkap dalam KEMAPANAN ATURAN yaitu aturan2 yang di kepala kita bersifat mendikte bagaimana seharusnya suatu masalah dipecahkan. Mengacu pada hal tersebut kita perlu melakukan perubahan yaitu dengan cara belajar melanggar aturan2 yang menghambat kita.

Memang aturan tidaklah selalu buruk, hanya saja terkadang ada masalah2 yang solusi2nya tidak dapat dicapai dengan aturan2 tersebut, untuk itu mau tidak mau satu2nya jalan yang harus ditempuh adalah dengan keluar dari relnya. Mengapa demikian???? Hal ini karena aturan2 tersebut menghambat pemikiran2 inovatif, artinya hambatan2 terbesar disaat kita dihadapkan dengan masalah2 yang berat atau mustahil sesungguhnya justru terjadi didalam diri kita sendiri, yang telah terperangkap dengan kemapanan aturan2 itu. Pengalaman2, asumsi2 yang keliru, penyamarataan yang salah kaprah, dan kebiasaan2 kitalah yang menghalangi kita untuk mendapatkan solusi2 yang brilian, serta ide2 baru yang hebat, oleh karenanya kita harus melakukan perubahan yaitu dengan mengabaikan hambatan2 yang jadi penghalang dengan cara melanggar aturan2 sehingga kita dapat memecahkan masalah2 yang mustahil tersebut & dengan demikian alam semestapun menjadi milik kita. Tidak mudah memang……tapi menyenangkan & mengasyikan karena kita dapat melakukan kegiatan yang kreatif & inovatif serta efektif pula.

Kita adalah ras inovator, maka manusia yang lamban/kurang gesit & lembek serta plin-plan adalah mahluk2 terakhir yang diperkirakan akan mencapai kesuksesan, karena mereka hanya akan menjadi follower saja. Maka lakukan revolusi dengan memiliki cara berpikir yang berbeda & pemikiran2 yang berani, sehingga menjadi penentu tren yang dijadikan idola. Dan jadilah inovator yang kreatif dalam melakukan perubahan2, sehingga akan didapat cara-cara baru untuk memecahkan masalah dengan terobosan2 yang kreatif, yang tentunya akan meningkatkan kualitas hidup, dalam hal ini berarti kita tidak mandek oleh kemapanan aturan2.

Buatlah pemikiran2 yang orisinil dengan ide2 gila, “liar”, menggelikan, pokoknya sesuatu yang tidak biasa, tidak umum atau bahkan aneh, kemudian analisa hasilnya, dan lihat serta rasakan………ternyata betapa luar biasanya terobosan yang kita lakukan dalam membuat solusi yang inovatif, kreatif & juga efektif tersebut.

Jadikan kebiasaan untuk selalu mencari ide2 yang luar biasa, karena dunia membutuhkan lebih banyak orang2 kreatif dalam memecahkan masalah2 untuk meningkatkan kualitas hidup. Oleh karena itu bersegeralah kita untuk melakukan PERUBAHAN, yaitu dengan memecahkan pola & mengeluarkan diri kita dari kemapanan aturan2, seperti yang juga diiklankan oleh sebuah produsen rokok di negri ini yang berbunyi “Perubahan itu perlu“. Perubahan memang membutuhkan waktu & resiko, tapi……hasilnya sepadan kok, so guys………tunggu apa lagi………?! mari kita lakukan perubahan tersebut dan………… kita lakukan mulai dari sekarang.

SEMOGA BERMANFAAT.

Suzy – VNI 3 KN 9/18



0 comments: