.

SELAMAT TAHUN BARU 2010 M

Wednesday, September 24, 2008

Nikmatnya berbuka puasa bersama

Alhamdullilah, acara berbuka puasa bersama seluruh warga RT 09 pada hari minggu, 21 September 2008 berjalan lancar dan sukses. Walau persiapan hanya 4 hari tapi hasilnya sangat memuaskan.
Rencana buka puasa bersama (bupuber) diawali oleh kedatangan b.ganes, b.andhika dan b.amir ke rumah saya pada selasa (16/9) jam 8.30 malam. Ada dana taktis untuk acara bupuber seluruh warga RT 09 yang harus dipergunakan semaksimal dan se-efisien mungkin. Dengan rapat hanya 1 jam maka terjadi kesepakatan bersama untuk susunan menĂº dan koordinasi kerjaan buat para ibu (maaf ya ibu2…kita tidak sempat mengundang untuk rembukan acara bupuber karena waktunya meffet dan juga pastinya para ibu sedang sibuk jadi guru bagi anak2nya yang sedang ulangan umum).
Minggu sore jam 5, lapangan bultang yang akan menjadi tempat acara masih sepi, seakan2 tidak ada tanda2 akan berlangsung “keriaan” disana. Jam 5.30, bapak2 dan ibu2 yang sudah diberi tugas tiba2 berbondong2 datang, mengerjakan tugas masing2, tikar digelar, meja di tata aneka makanan dan minuman dalam waktu 30 menit..abrakadabra!!..bim sala bim!!.. semuanya beres..ck.ck.ck.hebat euy!!!...

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah menĂº berbuka puasa tahun ini:
Appetizer : Es buah, Jus Mangga kueni dan kolak (hasil buatan p.ganes) serta aneka kue sus, lemper dan tahu…mmm..segerrr!!
Main Menu: sate ayam, sate kambing, lontong +nasi, soto surabaya, sayur labu siam + krupuk kampung..nyam..nyam..yummy!!!!!
Dessert: jeruk medan..manis tenan!!!
Setelah azan magrib, semua warga yang hadir langsung menyerbu sendiri makanan + minuman sesuai selera..“all you can eat“.
Setelah makan & minum sarat berbuka, dilanjutkan dengan sholat magrib. Selesai sholat, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama menunggu saatnya sholat isya dan tarawih. Warga RT 09 yang non muslim juga bergabung untuk makan malam bersama (kel. pak Topan, kel. pak Deni, kel. pak Roland, pak. Purba dan pak Jhoni)..anak2 berkerumun makan dan minum dengan membentuk lingkaran masing2, sekali2 ada saja yang jatuh, es buah tumpah, jerit tangis para balita serta diwarnai dengan kaki2 kecil yang berlarian kesana-kemari sambil tertawa riang…“Indahnya kebersamaan“.
Setelah perut kenyang, acara dilanjutkan dengan sholat isya dan tarawih bersama. Sebelum sholat witir sebagai penutup sholat tarawih, Ustad Rustandi memberikan siraman rohani yang berjudul „nikmatnya berpuasa“. Dari judulnya sudah terdengar adem, ayem dan tentrem. Intinya berpuasa pada bulan ramadhan merupakan amal ibadah yang berlipat ganda nilainya untuk bekal di akhirat nanti. Tidur kita ibadah, diam kita ibadah, makan sahurpun ibadah. Diluar bulan ramadhan, kita jarang makan saat menjelang waktu subuh (rasanya perut masih kembung ya?) tapi saat bulan ramadhan, nikmat sekali makan sahur walau dengan indomie telor (hehehe..siap2 makan indomie terus nih minggu depan karena pembantu udah mulai mudik). Saat bulan ramadhan pula, acara azan magrib di TV menjadi acara favorit setiap hari. Demikian inti ceramah yang saya dengar, untuk lengkapnya bisa tanya langsung ke Pak Nur (lah wong saya juga dengernya sayup2 karena lagi asyik operasi plastik??)

Para ibu yang sedang "off" dengan sigap melaksanakan operasi plastik (maksudnya membungkus makanan2 di plastik buat warga yang tidak bisa hadir). Maaf lagi bagi warga yang tidak bisa nyicipin makanannya karena bagi rumahnya yang tidak berpenghuni, makanan langsung di „pass“ ke tetangga sebelah...biar tidak mubajir ya bu???

Setelah sholat witir selesai, otomatis acara pun selesai. Tapi….kok, setelah balik badan, bapak2 langsung melongo???..ada apa ya??…ternyata sehabis sholat (mungkin) sudah membayangkan akan minum yang seger2 lagi karena haus banget..tapi apa daya pak?..semua makanan + minuman sudah dibersihkan serta dibereskan sampai tuntas oleh para ibu..hehehehe…maap!!!.
Sebagai penutup acara cuma ada aqua gelas dan kerupuk kampung aja yang masih sisa setengah kaleng. Mungkin untuk pengalaman berikutnya, harus jelas instruksi buat para ibu nich?..maksudnya di bereskan itu, meja2 dan sekitarnya dibersihkan dari sampah atau dibereskan menjadi bener2 bersih???...hahahaha…sekali lagi maap??
Acara selesai pada pukul 9:00 malam dengan raut muka kelelahan dan kelegaan dari semua bapak2 dan ibu2 yang hadir. Para ibu sudah bikin jadwal khusus sehabis lebaran nanti lho?..”Tanah abang yg masih belum kesampaian, tusuk jarum buat kecantikan dan Lembang, refreshing again”..mudah2an kesampaian salah satunya, we’ll see???

Untuk mewakili seluruh warga RT 09 dan Ketua RT 09 mengucapkan banyak terima kasih kepada:
Keluarga Bpk Otto Libry sebagai donatur.
Keluarga Bpk Ganes yang all out membantu suksesnya acara ini. Es buah, jus dan kolak buatan tangan p.ganes lhoo??.. tapi lain kali gelasnya agak Cecil pak?..biasakan, anak2 cuma suka icip2 aja jadi sayang banget banyak kebuang (saya aja jadi recycle bin-nya raihan) tapi tetep teope begete pak!!.

Keluarga Bpk Amir, yang repot2 pesan sate Tegal Blok U..walau ada tegangan tinggi karena si lontong “temennya sate” datang saat detik-detik azan magrib. Sekalian hasil jepretannya di upload ya pak?

Keluarga Bpk Andhika, yang siap selalu disaat kita panik dengan peralatan logistik.
Ibu Novi (si wonder woman), yang masak sendiri beras 10 liter plus repot2 beli aneka kue di pasar. We always count on you all the way..jangan kapok ya bu??.
Eyang Bagio, Ibu Pri, Ibu Toni, Ibu Eva, Ibu Ichsan, Ibu Pinky, Ibu Diki, Ibu Nur dan Ibu Judin yang bantu2 berberes perkakas acara.
Bpk Nur, Bpk Muchridin, Bpk Syamsul, Bpk Judin, Bpk Pri, Bpk Arzal ,bpk ichsan dan lainnya yang tidak bisa di sebutkan satu persatu ,terima ksih atas partisipasinya yang sudah mmbantu menyiapkan dan membersihkan tempat acara.

Seluruh warga RT 09 serta warga RT 10 yang hadir, terima kasih atas waktu dan kesediaannya. Mohon maaf bila ada penyajian kami yang kurang berkenan, semoga di lain waktu bisa diperbaiki lagi.
Kami memaklumi waktu yang mendadak untuk terselenggarakan acara ini sehingga sebagian besar warga tidak dapat hadir karena mempunyai kesibukan masing2. Walaupun begitu, acara berbuka bersama ini berjalan lancar dan penuh hikmat berkat dukungan dan doa’ dari kita semua.
Last but not least..Selamat jalan bagi warga RT 09 yang akan mudik lebaran. Semoga sampai di tujuan dengan selamat dan sehat.
“ Selamat Hari Raya Idul Fitri – 1 Syawal 1429 H”
“ Mohon maaf lahir dan bathin”

0 comments: