.

SELAMAT TAHUN BARU 2010 M

Monday, October 6, 2008

"BECOMING A STAR" MARIO TEGUH

Becoming a star adalah sebuah buku yang ditulis oleh seorang konsultan bisnis yang juga seorang pembicara seminar & motivator yang sukses, Mario Teguh. Saya pribadi mengagumi pemikiran-pemikirannya, saya sering membaca dan menyimak tulisan-tulisannya dan talk show-nya baik di media cetak maupun media elektronik. Tulisan ini merupakan personal excellence series bagian pertama dari kumpulan tulisan-tulisannya di Media Indonesia dan pada program Mario Teguh Morning Talk di beberapa radio.

Sebagaimana seorang motivator, di dalam buku ini penulis memotivasi pembaca untuk menggali potensi dirinya, kemudian mencuatkan kualitas dirinya, baik dalam sikap maupun dalam pola berpikir, agar menjadi seorang bintang yang potensial, sehingga berhasil mencapai kualitas hidup yang lebih baik, baik itu dalam bisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari. Ia menjabarkan tuntunan dasar pembentukan kualitas-kualitas kecemerlangan seorang bintang dengan sederhana, namun katanya “membutuhkan kesungguhan yang tidak sederhana dalam pelaksanaannya”. Tulisannya sarat akan hasil dari pengalaman karirnya sendiri dan pengamatannya atas prilaku terbaik dari pribadi-pribadi yang mencapai kebintangan karena penerapan sikap dan pola berpikir yang cemerlang.

Dari tulisannya itu, ada beberapa hal yang menarik bagi saya oleh karena merupakan hal yang tidak umum di masyarakat kita, seperti pembahasan tentang berpikir terbalik, dimana Ia membimbing pembaca untuk memiliki kemampuan berpikir yang tidak linier, tidak urut, tidak runtut & tidak harus meneruskan yang sekarang sudah ada, artinya “jadilah seseorang yang tidak biasa”, lalu “hindari cara-cara yang umum digunakan orang”.

Selain hal itu ada juga pembahasan tentang mistakes are OK-able disini maksudnya adalah bahwa kita membutuhkan kesalahan untuk mencapai kualitas hasil yang lebih tinggi dari yang bisa kita capai kalau kita berhasil pada upaya pertama, dengan demikian kesalahan memberikan kita kesempatan untuk memperbaiki diri, sehingga kita menjadi lebih cepat bereaksi terhadap tantangan & kesulitan, artinya kesalahan selalu memberikan pelajaran untuk mencapai cara-cara yang lebih baik. Masih menurut Mario Teguh bahwa “membuat kesalahan & bahkan gagal dalam melakukan sesuatu yang berguna adalah lebih baik dari pada tidak pernah salah karena tidak melakukan apapun”.

Pada pembahasan tentang second time, around ia memompa optimisme pembaca untuk tetap berharap bahwa kesempatan pasti akan datang lagi & untuk itu diperlukan kesiapan yang maksimal untuk menyambut kesempatan tersebut dengan kesungguhan agar dicapai hasil yang terbaik. Sedangkan pada pembahasan selanjutnya yakni tentang dream racer ia mengingatkan bahwa tanpa memimpikan keadaan yang lebih baik di masa depan, kita akan kehilangan ketertarikan untuk hidup dengan sepenuhnya, untuk itu kita dianjurkan agar “tidak bernegosiasi dengan impian kita”, disini maksudnya adalah kesibukan aktivitas kerja kita melalui tindakan nyata harus lebih tinggi dari pada kesibukan kita bermimpi.

Pada pembahasan tentang weakness, my closest enemis pembaca diarahkan untuk mengenali semua kelemahan-kelemahan diri, lalu mengakuinya dengan jujur, kemudian kelola kelemahan-kelemahan tersebut. Hal itu dimaksudkan agar kelemahan-kelemahan yang kita miliki tidak menghambat kekuatan-kekuatan kita untuk berperan.

Selanjutnya pada pembahasan bring the future into today ia menguji seberapa besar kesempatan kita dalam upaya mendatangkan masa depan ke dalam kehidupan professional dan pribadi kita dengan menjawab pertanyaan “apakah anda orang masa lalu ataukah masa depan?”. Menurutnya orang masa depan memiliki visi dan sadar bahwa ia memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berhasil, sedangkan orang masa lalu adalah orang yang memiliki ingatan yang kuat tentang kesulitan dan kegagalan, sehingga ia memilih untuk menjalani hidup dengan pekerjaan yang tidak beresiko.

Buku ini menarik bagi saya karena enak dibaca dan mudah untuk dicerna, tidak bertele-tele dalam setiap pembahasannya, serta ditulis dengan huruf-huruf yang cukup besar, sehingga nyaman untuk mata, terutama bagi yang berkacamata plus seperti saya. Selain itu buku inipun sangat bermanfaat untuk diketahui isinya, karena buku ini lebih merupakan sebuah buku panduan tentang bagaimana seseorang memenej diri dalam hal menjadi bintang yang cemerlang.

Membaca buku ini seperti menghentakan kita untuk merenungi makna yang sebenarnya kita telah ketahui selama ini, namun belum benar-benar kita pahami secara bijak, oleh karenanya buku ini mengajak kita untuk merenungi kemudian membuktikannya sesegera mungkin, agar didapat perubahan besar yang selama ini ingin dicapai, seperti yang dikatakan oleh Mario didalam kata pengantarnya “penuhilah hidup ini dengan pemungkin keberhasilan, sekarang dan sesegera mungkin”. Salam super untuk semua…………


SEMOGA BERMANFAAT.

Suzy – VNI 3 KN 9/18


0 comments: